Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencairkan Manulife Secara Online dan Offline

Cara Mencairkan Manulife Secara Online dan Offline - Cara mencairkan asuransi Manulife ini tentunya bisa dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu secara online dan offline. Cara pencairan asuransi Manualife secara online ini merupakan wujud visi asuransi Manulife yaitu kecintaannya pada nasabah.

Cara Mencairkan Manulife Secara Online dan Offline

Dengan adanya fitur klaim atau pencairan Manulife secara online, maka nasabah secara otomatis akan semakin terbantu dalam proses pencairan asuransi. Selain itu, cara klaim asuransi Manulife secara offline ini juga sudah tersedia dalam beberapa pilihan.

Namun yang perlu anda perhatikan yaitu pengajuan klaim asuransi baik secara online ataupun offline harus dilengkapi dengan sejumlah dokumen persyaratan yang dibutuhkan agar nantinya bisa terhindar dari penolakan klaim atau pencairan asuransi.

Cara Mencairkan Asuransi Manulife

Ada tersedia 2 opsi pilihan dalam melakukan pencairan dana asuransi Manulife. Dengan adanya 2 opsi tersebut, maka tentunya ini akan membuat anda memiliki alternatif pilihan saat salah satunya caranya ini dianggap terlalu susah, dan berikut adalah informasi selengkapnya cara mencairkan asuransi Manulife secara online dan offline.

1. Cara Mencairkan Manulife Secara Online

Cara mencairkan asuransi Manulife secara online ini bisa dilakukan dengan menggunakan layanan aplikasi MiEClaim. Pengajuan klaim atau pencairan Manulife secara online bisa dilakukan tanpa menggunakan formulir dan menyerahkan dokumen aslinya, berikut cara mencairkannya yaitu sebagai berikut:

  1. Silakan masuk dalam aplikasi MiEClaim.
  2. Kemudian lakukan identifikasi diri dengan menggunakan tanggal lahir, nomor KTP ataupun nomor polis.
  3. Pilih tipe klaim yang akan diajukan nantinya.
  4. Tidak lupa juga untuk melampirkan dokumen sesuai dengan tipe klaim. 
  5. Masukkan nomor telepon pemegang polis atau penerima manfaat atau yang ditunjuk yang dikuasakan khusus polis asuransi jiwa untuk menerima reference number.
  6. Reference number ini nantinya akan digunakan untuk memantau perkembangan klien anda dengan menghubungi Manulife customer contack center.

Jika proses klaim tersebut memerlukan dokumen pendukung lainnya, maka dokumen tersebut bisa dikirimkan ke email completiondocument_claim@manulife.com.

2. Cara Mencairkan Manulife Secara Offline

Proses klaim asuransi Manulife secara offline ini tentunya akan memerlukan formulir pengisian klaim dan penyerahan dokumen asli. Cara mencairkan dana asuransi Manulife secara offline bisa anda lakukan dengan mengikuti tahapan di bawah ini yaitu:

  1. Melakukan pengisian formulir yang bisa diminta pada kantor cabang atau download langsung melalui www.manulife.co.id.
  2. Kemudian persiapkan dokumen persyaratan sesuai dengan klaim yang diajukan.
  3. Serahkan formulir dan dokumen asli melalui:
  4. Agen Manulife 
  5. Pos ke alamat Departemen klaim Manulife Indonesia gedung Sampoerna Strategic Square South Tower Lt.3 Jl. Jendral Sudirman Kavling 45 - 46, Jakarta 12930.
  6. Datang langsung ke Manulife customer contact center yang beralamat di jalan tersebut.
  7. Selanjutnya perkembangan klien bisa dipantau melalui email di customerserviveid@manulife.com dan Manulife customer contack center di nomor 021 2555 7777.

Dokumen Persyaratan Pencairan atau Klaim Asuransi Manulife

Adapun beberapa dokumen yang harus dibutuhkan dalam mencairkan asuransi Manulife secara online ataupun offline yaitu sebagai berikut:

  • Formulir klaim
  • Surat keterangan dokter
  • Fotokofi identitas tertanggung
  • Hasil pemeriksaan dari penunjang medis
  • Perincian biaya rawat inap
  • Salinan resep dokter yang berkaitan dengan perawat

Untuk pengajuan pencairan meninggal dunia, maka dokumen pastinya akan ditambahkan dan wajib dilampirkan berupa fotokofi legalisir akta kematian atau kombinasi dari:

  • Fotokofi legalisir surat keterangan meninggal dari rumah sakit ataupun  puskesmas.
  • Fotokofi legalisir surat keterangan meninggal dunia keseluruhan.

Sedangkan untuk pengajuan klaim atau pencairan pembebasan premi dikarenakan cacat total sementara atau total, maka dokument tambahan yang wajib dilampirkan yaitu sebagai berikut:

  • Surat keterangan dari tenaga medis yang menyatakan bahwa tertanggung mengalami cacat.
  • Foto semua tubuh termasuk bagian tubuh yang mengalami cacat tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mencairkan Manulife Secara Online dan Offline yang dapat admin sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, share informasi ini ke media sosial lainnya.