Pengertian Mahasiswa Menurut KBBI

Pengertian Mahasiswa Menurut KBBI - Mahasiswa adalah seorang pelajar yang belajar di perguruan tinggi seperti akademi ataupun universitas, oleh karena itu bisa disebutlah dengan mahasiswa. Namun arti dari mahasiswa ini bukan hanya itu saja, mahasiswa banyak di gadang-gadang memiliki banyak pilihan jurusan seperti admistrasi dan lainnya.


 Pengertian Mahasiswa Menurut KBBI


Mahasiswa ini terbagi menjadi dua kata arti yaitu Maha dan Siswa, maha artinya “ter” dan siswa “pelajar” jadi jika di satukan ini mahasiswa menjadi terpelajar. Mengapa bisa disebut terpelajar? Karena seorang mahasiswa itu tidak hanya menekuni tentang jurusannya saja, akan tetapi seorang mahasiswa harus bisa mempelajari semua hal dan harus memiliki kreativitas yang tinggi.


Memiliki gelar sebagai mahasiswa tentunya adalah sebuah kebanggaan yang ingin sekali kita miliki dan keluarga sekaligus menjadi sebuah tantangan bagi sendirinya. Mengapa? Karena mahasiswa ini harus memiliki tanggung jawab dan ekspektasi yang sangat begitu besar.


Lalu Apa Pengertian Mahasiswa Menurut KBBI?


Pengertian mahasiswa menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Mahasiswa adalah mereka yang sedang belajar di perguruan tinggi (Poerwadarmita, 2005). Mahasiswa dapat didefinisikan sebagai individu yang sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi.


Paling umumnya mahasiswa adalah tahapan belajar remaja terakhir yang biasanya berusia 18-21 tahun. Mahasiswa ini memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berfikir dan merencanakan dalam tindakan, berfikir kritis dan bertindak dengan cepat serta tepat yang merupakan sifat cenderung yang harus melekat pada diri setiap mahasiswa.


Mahasiswa adalah manusia yang tercipta untuk selalu berpikir yang saling melengkapi (Siswoyo, 2007). Mahasiswa merupakan individu yang belajar dalam menekuni disiplin yang ditempuhnya secara serius, dimana didalam menjalani serangkaian kuliah itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan mahasiswa itu sendiri, karena pada kenyataanya diantara mahasiswa ada yang sudah bekerja atau disibukan oleh kegiatan organisasi kemahasiswaan (Ganda, 2004).


Demikianlah pengertian mahasiswa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dapat admin sampaikan. Semoga bisa memberikan bermanfaat dan menjadi referesni yang baik bagi anda sahabat pembaca dimanapun sekarang berada.


Sekian dan terimakasih