Cara Membuat Game Kodok Loncat Di Komputer Excel

Pilar No. 1: Cara Membuat Game Kodok Loncat di Komputer Excel

Excel bukan hanya digunakan untuk membuat tabel atau grafik, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat game sederhana. Salah satu game yang bisa dibuat adalah game kodok loncat. Game ini sangat simpel, namun bisa menyenangkan jika dimainkan dengan teman atau keluarga. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat game kodok loncat di komputer Excel.

1. Buka Microsoft Excel
Langkah pertama adalah membuka program Microsoft Excel. Jika Anda sudah memiliki program Excel di komputer Anda, cukup klik ikon Excel pada desktop atau menu start. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya secara gratis dari website resmi Microsoft.

2. Buat Tabel
Setelah program Excel terbuka, buat tabel dengan menentukan jumlah kolom dan baris. Anda bisa membuat tabel dengan ukuran 4 kolom dan 6 baris. Setelah itu, beri judul pada tabel dengan menambahkan teks pada sel A1.

3. Buat Tombol Start
Untuk memulai game, Anda membutuhkan tombol start. Buat tombol start dengan menggambar kotak pada sel A2 dan A3. Setelah itu, tambahkan teks start pada sel A2. Agar tombol start terlihat lebih menarik, Anda bisa memberi warna pada sel dan teks.

4. Buat Tombol Kodok
Setelah tombol start selesai, buat tombol untuk kodok dengan menggambar kotak pada sel B3 hingga E6. Setelah itu, tambahkan warna biru pada sel B3 hingga E6. Namun, agar tampilan lebih menarik, Anda bisa menambahkan gambar kodok pada sel tersebut. Caranya, klik Insert pada menu bar, lalu pilih Picture. Pilih gambar kodok yang ingin Anda gunakan dan klik Insert. Agar gambar terlihat proporsional di dalam sel, klik gambar tersebut dan atur ukuran dengan cara mengarahkan kursor pada sudut gambar dan menariknya ke ukuran yang diinginkan.

5. Buat Fungsi Kodok Loncat
Setelah tombol kodok selesai, sekarang waktunya untuk membuat fungsi kodok loncat. Fungsi ini akan membuat kodok melompat secara otomatis setiap kali tombol kodok ditekan. Caranya, klik tombol View Code pada Developer Tab atau tekan tombol Alt + F11. Setelah itu, akan muncul jendela Microsoft Visual Basic for Applications. Pilih sheet tempat tabel Anda berada lalu tambahkan kode berikut pada area kosong:

“`
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
Timer2.Enabled = True
End Sub

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
KodokMove
End Sub

Sub KodokMove()
Dim kodok As Object
Set kodok = Sheet1.Shapes(“Picture 1”)
If kodok.Top > 0 Then
kodok.Top = kodok.Top – 3
Else
kodok.Top = 195
End If
End Sub
“`

Setelah menambahkan kode tersebut, simpan dan keluar dari Microsoft Visual Basic for Applications.

6. Selesai
Setelah semua langkah di atas selesai, game kodok loncat siap dimainkan. Klik tombol start untuk memulai game dan tekan tombol kodok untuk membuat kodok melompat. Tambahkan skor pada tabel apabila ada pemain yang berhasil menyentuh kodok dengan kursor.

Selamat mencoba!

FAQ:
1. Apakah game kodok loncat bisa dimainkan di versi Excel yang lebih lama?
Ya, game kodok loncat bisa dimainkan di versi Excel yang lebih lama seperti Excel 2007 atau 2010. Namun, beberapa fitur mungkin tidak tersedia.

2. Bagaimana cara menambahkan suara pada game kodok loncat?
Untuk menambahkan suara pada game kodok loncat, Anda perlu menambahkan modul suara pada Microsoft Visual Basic for Applications. Caranya, buka jendela Microsoft Visual Basic for Applications, lalu klik Insert pada menu bar dan pilih Module. Setelah itu, tambahkan kode untuk modul suara pada area kosong. Agar lebih mudah, Anda bisa mencari kode modul suara Excel pada internet. Setelah itu, tambahkan kode suara pada kode fungsi KodokMove di langkah ke-5.

Baca Juga :  Cara Memprint Excel Agar Tidak Terpotong