Cara Instal Crystal Report Untuk Windows 10 64 Bit

Pengalaman Menginstal Crystal Report di VB 2010

Saya dulu pernah menginstal Crystal Report di Visual Basic 2010 dan mengalami beberapa kendala. Namun, setelah mencari tahu dan menyelesaikan masalah tersebut, saya akhirnya berhasil menginstal dan menampilkan Crystal Report di VB 2010. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan:

Langkah 1: Menambahkan Referensi Crystal Report

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan referensi Crystal Report ke dalam proyek VB 2010. Untuk melakukannya, buka VB 2010 dan klik menu Project, lalu pilih Add Reference. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Reference Manager. Pada kotak pencarian, ketik Crystal Report dan pilih CrystalDecisions.CrystalReports.Engine. Kemudian, pilih OK untuk menambahkan referensi tersebut ke dalam proyek.

Langkah 2: Membuat Database

Setelah berhasil menambahkan referensi Crystal Report ke dalam proyek, langkah selanjutnya adalah membuat database. Database ini akan digunakan sebagai data yang akan ditampilkan pada Crystal Report. Untuk membuat database, buat dulu tabel pada Microsoft Access atau Microsoft SQL Server, sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, isi tabel tersebut dengan data yang sudah disiapkan.

Langkah 3: Membuat Crystal Report

Setelah membuat database, langkah selanjutnya adalah membuat Crystal Report. Untuk melakukannya, klik kanan pada proyek VB 2010 dan pilih Add New Item. Pilih Crystal Report dan klik Add. Kemudian, pilih As a Blank Report dan klik OK. Setelah itu, akan muncul jendela Crystal Report Designer.

Langkah 4: Menambahkan Data ke dalam Crystal Report

Setelah berhasil membuat Crystal Report, langkah selanjutnya adalah menambahkan data ke dalamnya. Untuk melakukannya, klik menu Database dan pilih Database Expert. Kemudian, pilih OLE DB (ADO) dan klik Next. Pilih Microsoft OLE DB Provider for SQL Server atau ODBC (oleh karena itu, tergantung pada jenis database yang digunakan) dan klik Next. Masukkan detail koneksi ke dalam database, seperti server name, database name, dan credentials. Setelah itu, jendela Database Expert akan menampilkan tabel-tabel yang ada di dalam database. Pilih tabel yang ingin ditampilkan di Crystal Report dan klik Add to Report. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Field Explorer. Pilih semua kolom yang ingin ditampilkan dan seret ke dalam detail section pada Crystal Report.

Langkah 5: Menampilkan Crystal Report di VB 2010

Setelah berhasil menambahkan data ke dalam Crystal Report, langkah selanjutnya adalah menampilkan Crystal Report di VB 2010. Untuk melakukannya, seret komponen CrystalReportViewer ke dalam form di VB 2010. Kemudian, klik kanan CrystalReportViewer dan pilih ReportSource. Pilih Crystal Report yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya dan klik OK. Setelah itu, Run Program dan Crystal Report akan ditampilkan di form di VB 2010.

FAQ: Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan 1: Apakah Crystal Report gratis?

Jawaban: Tidak. Crystal Report bukanlah sebuah perangkat lunak gratis. Ada beberapa jenis lisensi Crystal Report yang dapat digunakan, yaitu lisensi Developer, lisensi Server, dan lisensi OEM. Lisensi Developer digunakan untuk pengembang aplikasi yang ingin membuat laporan dengan menggunakan Crystal Report, lisensi Server digunakan untuk server yang akan menyediakan laporan dari Crystal Report, dan lisensi OEM digunakan untuk perangkat lunak yang menggunakan Crystal Report sebagai bagian dari perangkat lunak tersebut.

Baca Juga :  Cara Install Most Wanted Di Windows Xp Compressed Highly Compressed

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan Crystal Report di C#?

Jawaban: Langkah-langkah untuk menggunakan Crystal Report di C# hampir sama dengan langkah-langkah untuk menggunakan Crystal Report di VB 2010. Perbedaannya hanya terletak pada bahasa pemrograman yang digunakan dan beberapa kode yang harus ditulis. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Menambahkan referensi Crystal Report ke dalam proyek C#
  2. Membuat database dan mengisi tabel dengan data yang sudah disiapkan
  3. Membuat Crystal Report dengan memilih Crystal Report pada menu Add New Item
  4. Menambahkan data ke dalam Crystal Report dengan menggunakan Database Expert
  5. Menampilkan Crystal Report di C# dengan menggunakan CrystalReportViewer

Include Video Youtube

Berikut ini adalah video tutorial Cara Instal dan Menampilkan Crystal Report di VB 2010: