KPU Luwu Utara Bersama Kesbangpol Gelar Rakoor Pemasangan Alat Peraga (APK) Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati 2020 -->

KPU Luwu Utara Bersama Kesbangpol Gelar Rakoor Pemasangan Alat Peraga (APK) Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati 2020

Minggu, Oktober 04, 2020, Minggu, Oktober 04, 2020

Wargata.com, Luwu Utara -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar rapat koordinasi validasi tempat pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara tahun 2020 dengan Kesbangpol. Kegiatan ini berlangsung diaula dmedia center, (2/10/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota KPU divisii Parmas dan SDM Rahmat, divisii Teknis Hayu Vandy, divisii Hukum dan Pengawasan Syabil, Kadis Kesbangpol Enyo, Kasubag Teknis Asjaya dan Staf Iqbal

Sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2020 tentang kampanye pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 APK  yg difasilitasi Baliho 5 per paslon dipasang di kabupaten,  umbul-umbul 5 per Paslon di pasang di kecamatan dan spanduk 2 per Paslon di pasang desa/kelurahan.

"Jadi pemasangan APK jenis Baliho basisnya dipasang di kabupaten, umbul-umbul basisnya di kecamatan dan spanduk basisnya desa/kelurahan"kata Rahmat.

Lanjut Rahmat menjelaskan bahwa selain APK difasilitasi, Paslon juga dapat mencetak APK  mandiri dengan jumlah 200 persen dari yg difasilitasi.

Selain APK KPU juga akan memfasilitasi bahan kampanye (BK) berupa Poster dan Selebaran ( player) dengan jumlah 28 ribu per Paslon dan Paslon dapat mencetak100 persen dari yang difasilitasi.

Kata dia sambungan Rahmat menyampaikan bahwa APK dan BK yang difasilitasi dan mandiri termasuk stiker dilarang dipasang dan ditempel di tempat umum, meliputi:
1. Tempat ibadah termasuk halaman;
2.  Rumah sakit atau temy pelayanan kesehatan;
3. Gedung atau fasilitas milik pemerintah;
4. Lembaga pendidikan (gedung dan sekolah);
5. Jalan protokol, jalan kec, jalan desa dan jalan kelurahan meliputi bahu dan sempadan jalan;
6. Sarana dan prasarana publik termasuk pasar, tidak termasuk lapangan olahraga; dan/atau
7. Taman dan pepohonan.

Rahmat juga mengingatkan bahwa pemasangan dan penyebaran APK dan BK fasilitasi dan mandiri dilaksanakan dengan  mempertimbangkan: Etika; Estetika  Kebersihan dan Keindahan kota setempat atau kawasan setempat sesuai dgn ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ditempat yang sama Kadis Kesbangpol Enyon meminta aga zonasi tempat pemasangan APK juga dilarang didepan pasar atau area  pasar

"Kami berharap kepada KPU agar menyampaikan kepada PPK dan PPS untuk memastikan tempat yang sudah diusulkan benar sudah sesuai dengan mempetimbangkan asas keadilan agar tidak menimbulkan potensi konflik." jelas Enyon.  (Iqbal/Awhy)

TerPopuler