Kapolres Serang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2020

Iklan Semua Halaman

Kapolres Serang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2020

Cyber Media
Wargata.com, Banten - Dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrim di wilayah Kabupaten Serang lingkup wilayah hukum Polres Serang, jajaran Polres Serang, melaksanakan kegiatan apel Kesiapsiagan Penanggulangan Bencana tahun 2020, di lapangan hijau Mapolres Serang Kabupaten, Kamis (09/01/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH., mengucapkan terima kasih kepada personel Polsek maupun Polres Serang yang telah siap siaga melaksanakan apel dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana Polres Serang tahun 2020.

Kapolres Serang  mengatakan, dilaksanakannya pengecekan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk melaksanakan pengecekan, baik personel  maupun perlengkapan dalam mengangtisipasi terjadinya bencana khususnya di wilayah hukum Polres Serang.

"Seperti kita ketahui cuaca saat ini semakin tidak  menentu dan tidak bisa diprediksi, serta untuk curah hujan semakin meningkat sehingga kemungkinan akan adanya luapan sungai yang berada di wilayah hukum Polres Serang," kata AKBP Indra Gunawan.

Lanjut Kapolres Serang,  menjelaskan, adanya sungai di wilayah hukum Polres Serang, diantaranya Sungai Ciujung, Sungai Cidurian dan Sungai Cibeureum. Yang mana apabila terjadi luapan bisa terkena ke rumah (pemukiman) warga yang berada disekitaran bantaran sungai - sungai tersebut.

"Adanya di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kopo, yang mana adanya beberapa Desa maupun tempat yang terendam banjir akibat luapan Sungai Cidurian," jelas AKBP Indra Gunawan.

Dalam hal tersebut, AKBP Indra menegaskan, agar seluruh personel Polres Serang dan jajaran menyiapkan perlengkapan yang telah ditentukan, dan dibawa pada saat apel kesiapsiagaan bencana ini. Apabila suatu saat nanti dibutuhkan harus siap sedia baik orangnya maupun peralatan dalam penanganan bencana.

"Apabila terlihat akan adanya luapan air dari sungai di wilayah hukum Polres Serang agar personel Polsek maupun Polres Serang melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir," ucap AKBP Indra Gunawan.

"Agar tetap jaga kondisi fisik dan kesehatan untuk melaksanakan tugas kedepan dalam menghadapi cuaca ekstrim yang menurut BMKG akan adanya informasi terkait Peringatan Dini Cuaca di wilayah Provinsi Banten yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir (kilat) dan angin kencang," pungkas Kapolres Serang.
Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengecekan peralatan yang di bawa di ransel personel  Polres Serang, perahu buatan  (rakit), perahu kano, pelampung, helm dan alat inventaris Kepolisian lainnya dalam hal penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Untuk diketahui, dalam peserta Apel Kesiapan Penanggunalangan Bencana Polres Serang melibatkan 1 pleton PJU Polres Serang dan Kapolsek jajaran Polres Serang, 1 pleton Pama Polres Serang, 1 pleton Satuan Lantas, 1 pleton Satuan Samapata, 1 pleton Satuan Intelkam, 1 pleton Satuan Reskrim, 1 pleton Satuan Reserse Narkoba, 1 pleton gabungan staff Polres Serang dan 4 pleton gabungan Polsek jajaran.

(Tim Warga)