CARA AMBIL DATA 12 DIGIT DARI KANAN PADA EXCEL

Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data, sehingga bagi sebagian orang, mungkin akan merasa sulit ketika harus melakukan beberapa hal seperti mengambil data dari tabel atau melakukan perhitungan pada data yang cukup banyak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan lengkap cara mengambil data dari tabel di Excel. Pertama, mari kita lihat beberapa contoh pemakaian pengambilan data dari tabel tersebut.

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

CARA AMBIL DATA 12 DIGIT DARI KANAN PADA EXCEL

Salah satu fungsi Excel yang cukup populer adalah dengan menggunakan fitur lookup untuk mengambil data dari tabel dengan kondisi tertentu. Contohnya, jika kita memiliki tabel seperti di atas, dan ingin mengambil data berdasarkan kolom “Harga” yang sesuai dengan jenis baju “Baju Anak-Anak”, maka kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

=VLOOKUP(“Baju Anak-Anak”,A2:B7,2,FALSE)

Penjelasan :

  • “Baju Anak-Anak” adalah nilai yang ingin kita cari di kolom “Jenis”
  • A2:B7 adalah range data yang ingin kita cari, dimana kolom “Jenis” dan “Harga” dibatasi oleh range tersebut.
  • 2 mengacu pada kolom kedua dari range data, yaitu kolom “Harga”
  • FALSE menunjukkan ketika nilai yang dicari harus cocok persis dengan nilai pada kolom “Jenis”

Setelah kita memasukkan rumus di atas dan menekan tombol Enter, maka hasilnya akan seperti di bawah ini :

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Kita dapat melihat bahwa hasilnya adalah harga dari “Baju Anak-Anak” yang berada pada tabel.

Cara Ambil Data Pada Eksternal Harddisk Rusak

Cara Ambil Data Pada Eksternal Harddisk Rusak

Ketika mengalami kerusakan pada eksternal harddisk, mungkin terdapat beberapa data yang masih kita butuhkan. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengambil data tersebut, seperti berikut :

  1. Cek terlebih dahulu apakah harddisk tersebut benar-benar rusak, atau hanya terdapat masalah pada kabel yang digunakan. Untuk melakukan hal ini, kita dapat mencoba menggunakan kabel yang berbeda.
  2. Jika sudah mencoba menggunakan kabel yang berbeda tetapi masih mengalami masalah, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba menggunakan software pembantu untuk mengambil data yang masih dapat diselamatkan.
  3. Setelah menjalankan software tersebut, ikuti langkah-langkah yang diberikan hingga proses pengambilan data selesai.
  4. Jika pada langkah sebelumnya tidak berhasil, maka kemungkinan besar data yang ada pada harddisk tersebut tidak dapat diselamatkan. Oleh karena itu, yang dapat dilakukan hanyalah mengganti harddisk yang rusak dengan yang baru.

Pada beberapa kasus, meskipun harddisk yang digunakan sudah rusak, terdapat beberapa data yang masih dapat diselamatkan dengan menggunakan software. Namun, jika kondisinya sudah sangat parah, maka tidak ada cara lain selain dengan mengganti harddisk tersebut dengan yang baru.

FAQ

1. Bagaimana cara mengambil nilai rata-rata dari sebuah tabel di Excel ?

Untuk mengambil nilai rata-rata dari sebuah tabel di Excel, kita dapat menggunakan rumus AVERAGE pada sel yang sesuai. Contoh :

=AVERAGE(A1:A5)

Rumus di atas akan mengambil nilai rata-rata dari data yang berada pada range A1 hingga A5.

2. Apakah pengambilan data dari tabel di Excel dapat dilakukan pada aplikasi sejenis ?

Ya, pengambilan data dari tabel pada aplikasi Excel dapat dilakukan pada aplikasi sejenis yang memiliki fitur yang sama atau serupa.

Baca Juga :  CARA 1 LAYAR 2 FILE EXCEL

Video Tutorial Pengambilan Data Tabel di Excel

Berikut ini adalah video tutorial lengkap mengenai bagaimana cara mengambil data dari tabel di Excel :

Setelah membaca panduan lengkap di atas dan menonton video tutorial di atas, saya harap Anda dapat lebih mudah dalam mengambil data dari tabel di Excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.